Rabu, 25 Maret 2020

Cara Membatasi Kecepatan Internet Wifi Tenda

Selamat malam, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang membatasi kecepatan wifi Router merek Tenda, tepatnya Tenda N300.

Sebelumnya saya sudah membuat artikel untuk membatasi Jumlah Pengguna Wifi pada berbagai jenis Router, Bagi yang belum mengetahui caranya dapat mengklik link dibawah ini :

10 cara membatasi pengguna wifi


Oke langsung saja, kasusnya begini : dirumah saya memiliki kecepatan internet 4Mbps, ini cukup sekali jika digunakan untuk dua sampai dengan 3 HP sekaligus, dalam kasus lain kadang ada teman atau saudara mampir kerumah dan ikut menggunakan Wifi kita dirumah, otomatis kecepatan akan menurun, parahnya lagi kadang yang HP yang satu kenceng internetnya sedang yang lain Lemot atau Lelet.

Sebenarnya pada sebuah router sudah dibekali dengan fitur QoS ( Quality Of Service ) yaitu kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang baik dengan menyediakan bandwith, mengatasi jitter dan delay. dengan kata lain QoS bertugas membagi kecepatan internet atau Bandwith Dengan Adil dan menjaga kualitas koneksi dari setiap client yang terhubung dengan jaringan wifi kita.

Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan Secara kuhus cara membatasi kecepatan internet pada router tenda N300 :

  1. Pastikan Hp atau laptop anda terkoneksi dengan Wifi
  2. Periksa Alamat IP perangkat kita, misal alamat IP kita adalah 192.168.100.101, Cara mengetahui alamat IP
  3. Buka Aplikasi Web Browser misal : Google Chrome
  4. Ketikkan pada address bar / pencarian alamat 192.168.100.1 ( sesuaikan dengan alamat IP perangkat kita )
  5. Kemudian Maka akan tampil halaman Home pada router tenda, ( biasanya tidak di password ), namun jika di password masukkan username : admin password: admin
  6. Klik Menu Advanced - DHCP Server - Perhatikan / catat kalau perlu IP pool Start dan IP pool End. misal 192.168.100.2 ~ 192.168.100.6 ( dengan kata lain sudah dibatasi maskimal 6 pengguna ).
  7. Selanjutnya Klik tab menu QoS - Bandwith Control - Kemudian centang menu Enable
  8. Isi IP Addres dengan nomer 2 ~ 6 atau sesuaikan dengan settingan DHCP server agar semua client masuk dalam sistem QoS ini
  9. Pilih Download terlebih dahulu kemudian isi bandwith range dengan 128 ~ 256 ( maksudnya adalah ketika pengguna banyak maksimal kecepatan per client adalah 128 Kbps atau 1Mbps saja, akan tetapi jika sedang sepi ( pengguna wifi sedikit ) maka kecepatannya bisa sampai 256 Kbps atau 2Mbps.
  10. Centan Menu Enable - kemudian Tekan Tombol Add To list
  11. Ulangi langkah yang sama akan tetapi ganti pilihannya dengan Upload sehingga listnya ada 2 yaitu download dan upload
  12. Jika Sudah Klik OK untuk menyimpan.
  13. Untuk melihat statistik pemakaian Klik menu Traffict Statistics. Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut

Sekian Artikel Cara Membatasi Kecepatan Internet Wifi Tenda N300 semoga bermanfaat bagi teman - teman semua. jangan lupa tinggalkan komentar apabila ada pertanyaan.





Rekomendasi