Kamis, 07 November 2019

Mengatasi Drive C Penuh Setelah Update Windows 10 - Terbaru 2019

Selamat Sore teman - teman sekalian,
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang pengalaman saya yang sering mendapati Drive C dari laptop Thinkpad X230 selalu hampir penuh, kapasitas yang tersedia hanya sekitar 500 MB atau 1 GB saja.

mengatasi drive c cepat penuh pada ssd

Untuk Menjadi catatan, Laptop saya menggunakan media penyimpanan SSD yang kapasitasnya hanya 128 GB saja, 64 GB untuk sistem drive C kemudian sisanya untuk menyimpan data. Mungkin kejadian ini sering juga teman - teman alami terutama yang laptop atau komputernya menggunakan SSD. dan kebetulan System Windows 10 nya diletakkan pada SSD tersebut. baik itu SSD Sata, M-Sata ataupun M.2 NVME akan mengalami hal yang sama yaitu merasa drive C sering cepat penuh.


Penyebabnya mungkin banyak hal, akan tetapi pada kesempatan kali ini saya hanya ingin berbagi tips Membersihkan Drive C yang penuh setelah Windows Update pada Windows 10. catatan saya terakhir update adalah bulan Oktober 2019 yaitu versi OS build 18362.418. 

windows upgrade terbaru oktober 2019

Pada Windows Update kali ini banyak sekali tampilan yang disempurnakan, terutama pada fitur search dan antarmuka lain. akan tetapi update ini terlalu besar sehingga meninggalkan sisa file instalasi yang biasa disebut dengan "windows old". Kita dapat melihat folder windows old tersebut di drive C kita, ukurannya lumayan besar sekitar 16 GB. 

Pada versi sebelumnya saya hanya perlu menghapus folder windows old tersebut secara manual. dan bereslah semua permasalahan drive C penuh. akan tetapi, pada update terbaru kita tidak dapat menghapus windows old secara manual. lalu bagaimana caranya? perhatikan langkah berikut :

Cara menghapus Windows Old setelah update Windows 10 Oktober 2019 :
  1. Buka File Explorer
  2. Selanjutnya klik kanan drive C - Properties
  3. Selanjutnya klik tombol Disk Clean up
  4. Selanjutnya klik tombol Clean up system files
  5. Tunggu Beberapa saat hingga selesai proses scanning
  6. Centang File yang berhubungan dengan Windows Upgrade File
  7. Kemudian Klik tombol OK
  8. Tunggu proses cleaning sampai selesai
  9. Catatan : proses scanning dan cleaning tergantung besar file yang akan dibersihkan, semakin besar file semakin lama prosesnya.
  10. Untuk Lebih jelas perhatikan gambar - gambar berikut :
cara menghapus windows old pada windows 10 terbaru


menghapus file yang tidak berguna pada drive c


hasil cleaning windows old pada drive c

Dengan menggunakan cara diatas, kita juga dapat menghapus cache aplikasi atau program yang tidak digunakan pada drive C, sehingga drive C kita lebih longgar dan performa laptop kita menjadi lebih baik.

Sekian share pengalaman dari saya apabila teman - teman ada tambahan atau pertanyaan bisa komentar dibawah. Semoga bermanfaat terimakasih.