Download Modul Materi TIK SMP / MTS kelas 7 Semester Genap Kurikulum 2013 - BAB 4

Berikut ini adalah modul atau materi pelajaran muatan lokal atau Mulok TIK untuk SMP atau MTs sedrajat yang menerapkan Kurikulum 2013 ( K13 ). Sebenarnya pada K13 sudah tidak ada pelajaran TIK akan tetapi masih banyak sekolah yang merasa perlu dengan pelajaran  ini sehingga memasukkannya dalam pelajaran MULOK, oleh karena kurangnya modul bagi tenaga pendidik, berikut saya bagikan secara bertahap modul lengkap pelajaran TIK K13 untuk SMP sedrajat.


BAB IV - MEMAHAMI SEMUA JENIS SISTEM OPERASI


A. Perkembangan Teknologi Mobile

Pada masa lalu komputer terbatas pada komputer desktop dan laptop saja, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, komputer sudah merambah kea rah mobile, akhirnya muncul tablet dan komputer ringan yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer desktop, sebagai contoh adalah Microsoft surface dan iPad Pro, keduanya merupakan sebuah tablet akan tetapi keduanya sudah sangat mumpuni dalam menyelesaikan pekerjaan komputasi dasar, seperti aplikasi perkantoran, surat menyurat, meng-edit foto, bahkan mengedit video. bahkan dewasa ini banyak pekerjaan desain grafis yang dulunya hanya bisa dilakukan di komputer desktop dapat dilakukan di komputer tablet. 

Gambar diatas adalah tablet Microsoft Surface, tablet ini sepenuhnya dapat menggantikan peran laptop dan komputer desktop pada umumnya, kelebihan tablet ini pada desain yang tipis, ringan dan mudah dibawa kemana saja. akan tetapi teknologi ini tidak murah, masih jauh lebih mahal jika kita bandingkan dengan komputer desktop atau PC.

B. Pahami Sistem Operasi, Kita akan bisa menggunakan semua perangkat

Seperti telah kita bahas pada bab sebelumnya,  baru – baru ini banyak sekali system operasi yang beredar di pasaran, ada yang gratis ada juga yang berbayar. kita tidak perlu bingung harus mempelajari system operasi mana yang harus kita gunakan.
Pada umumnya banyak perusahaan menggunakan produk system operasi dari Microsoft yaitu Windows, sebagian ada yang menggunakan Mac OS, ada juga yang menggunakan Linux Ubuntu. Sebagai pelajar sebaiknya kita mempelajari yang mana? jawabannya sudah pasti yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu Microsoft Windows. lalu bagaimana jika kita kedepan dihadapkan dengan system operasi lain misalnya Mac OS atau Android sekalipun?
Berikut ini saya paparkan komponen umum yang selalu ada di setiap system operasi, jadi ketika kita mengetahui komponen ini, secara umum kita akan lebih mudah menggunakan system operasi apapun.

1. Dekstop / Homescreen

adalah tampilan awal dari system operasi itu sendiri, desktop biasanya terdapat gambar background yang cukup menarik, biasanya pada desktop terdapat shortcut atau link untuk membuka aplikasi atau program.

gambar diatas adalah tampilan dari desktop Windows 10, perlu kita perhatikan kotak hitam dibawah itu disebut dengan taskbar, berisi tentang menu – menu yang ada pada komputer, gambar kecil kecil yang berjajar disebut shortcut icon, dan sebelah kanan bawah disebut dengan status bar ( berisi tentang informasi, bateri, jam, notifikasi ( pemberitahuan ) dan lain sebagainya.
Setelah kita lihat tampilan desktop pada Windows 10, coba kita perhatikan desktop pada Linux dan Mac OS, perhatikan gambar berikut :

ini adalah gambar desktop Mac OS,  hampir mirim dengan Desktop Windows 10 akan tetapi peletakkan komponennya yang berbeda. setelah itu coba kita perhatikan gambar dibawah ini, berikut adalah desktop dari Linux Ubuntu. sudah mengerti kan, coba murid – murid jelaskan apa bedanya?

Kemudian setelah kita melihat kesamaan dari ketiga tampilan desktop diatas, mari kita perhatikan tampilan desktop pada komputer tablet, pada hal ini adalah Apple iPad Pro dan Tablet Microsoft Surface, perhatikan gambar.


Kesimpulannya, Dekstop adalah tampilan awal dari system operasi, ada juga yang menyebutnya sebagai home screen atau beranda sebuah system operasi. semuanya memuat informasi dasar dan memuat jalan pintas ( shortcut ) untuk membuka aplikasi / Program atau berkas tertentu. cuman perbedaan dari komputer tablet lebih dioptimalkan untuk pengoperasian menggunakan sentuhan tangan, sedangkan komputer desktop lebih ditujukan untuk pengguna mouse dan touchpad. 

2. Start Button / Menu Tray

adalah tempat system operasi meletakkan semua shortcut program aplikasi, tidak semua system operasi memiliki start button atau menu tray hal ini dikarenakan ada system operasi yang meletakkan semua icon shortcut aplikasi pada desktop / home screen, perhatikan gambar berikut :

ketika kita mengklik logo windows pada kiri bawah ( windows 10 ), maka kan tampil banyak sekali program aplikasi yang sudah terinstall pada komputer, kita dapat membukanya dengan melakukan klik pada icon aplikasi tersebut. berikut adalah jenis – jenis start button berdasarkan versi windowsnya.

Semua tombol diatas memiliki funsi yang sama yaitu untuk membuka aplikasi yang sudah terinstall. akan tetapi setiap system operasi  memiliki cara tersendiri untuk menampilkan menu – menu nya, berikut ini adalah contoh dari mac OS dan linux :

Gambar diatas adalah tampilan menu tray dari Linux Ubuntu isinya sama saja dengan windows, berbeda dengan yang lain Apple Mac OS memiliki menu tray unik yang biasa disebut dengan DOCK, dock ini langsung tampil pada halaman desktop Mac OS ( Lihat gambar pada halama 3 ) , berikut adalah tampilan dock  


3. Ikon Aplikasi / berkas ( icon apps / files )

Ikon, juga disebut simbol, ialah antarmuka grafik di sebuah data yang digambarkan oleh gambar kecil yang menggambarkan program komputer ataupun berkas komputer dalam pengelola berkas dalam sebuah sistem operasi, intinya ikon adalah gambar yang mewakili sebuah berkas atau file, dimana file bisa berupa dokumen, aplikasi maupun berkas system.

perhatikan dari gambar diatas, setiap aplikasi diwakili oleh sebuah gambar yang disebut dengan ikon. untuk memperjelas ikon biasanya aplikasi diberi nama pada bagian bawahnya.

perhatikan juga beberapa ikon diatas, ikon diatas mewakili jenis dari berkas itu sendiri, jadi berkas bermacam – macam jenisnya seperti music, video gambar bisa diwakili dengan sebuah ikon, hal ini bertujuan agar pengguna bisa lebih mudah membedakan jenis berkas yang kadang bercampur satu dengan yang lain.

perhatikan juga icon diatas, ikon tersebut adalah ikon yang ada pada system operasi Mac OS, intinya kurang lebih sama, ikon adalah sebuah gambar yang mewakili sebuah aplikasi / berkas.

ikon juga dapat mewakili sebuah perintah dari sebuah aplikasi, perhatikan gambar ikon diatas, setiap ikon mewakili sebuah perintah yang berbeda.

4. Pengelolaan Berkas / File Management

Seperti kita ketahui komputer sebagai perangkat multi media, tentunya ada ada banyak berkas yang harus kita atur mulai dari lokasi penyimpanannya maupun cara membuka berkas itu sendiri.
ini adalah ikon dari Aplikasi File manager / pengelola berkas pada Microsoft windows 10, ikon ini biasanya ada pada taskbar, jika anda tidak menemukannya kita dapat mencarinya dalam start button.
untuk membukanya cukup klik 1 kali ikon tersebut ( pada taskbar ) , klik 2x kalau ada pada desktop.
Setelah kita klik maka akan tampil sebagai berikut :

Perhatikan gambar diatas, pada sebelah kiri terdapat ikon kecil sedangkan sebelah kanan terdapat ikon besar, jadi kalau kita klik this PC maka isinya adalah Dekstop, Documents, Downloads, Videos dan lain sebagainya.
pada This PC juga terdapat Local Disk C, E, F ( adalah bagian dari harddisk komputer ) dan DVD RW Drive G adalah CD atau DVD ada pada komputer. kemudian jika kita memasukkan flashdisk akan tampil ikon sebagai berikut :
   
jadi perangkat penyimpanan memang bermacam – macam, akan tetapi untuk mempermudah mengenalinya biasanya diwakili dengan ikon yang berbeda pula. jika kita perhatikan sebelah kiri ada Local Disk (C:) yang terdapat logo windows, itu berarti pada bagian harddisk tersebut berisi file system, atau berkas yang menunjang berjalannya system komputer, jadi pada Drive C ini ada file yang tidak boleh dihapus atau diubah karena dapat merusak system operasi itu sendiri,
Untuk menyimpan berkas yang dianjurkan adalah pada drive D (Local Disk ( D: )) atau pada folder Documents, dimana file tersebut tidak bercampur dengan file system.

# FOLDER DALAM FOLDER 

Salah satu fasilitas File manager adalah memberi kita keleluasaan untuk mengelola folder berkas, kita juga dapat memasukkan subfolder dalam sebuah folder, begitu seterusnya.

diatas adala contoh penggunaan subfolder dalam folder, hal tersebut diperlukan untuk memilah dan mengkategorikan berkas kita, agar lebih teratur dan mudah dicari.

TUGAS PRAKTIKUM TIK Kelak 7 Semester Genap Kurikulum 2013 ( K13 )

  1. Menghidupkan dan mematikan komputer dengan prosedur yang benar
  2. Membuat folder baru di Drive D bernama MAPEL KELAS VII
  3. Membuat folder baru didalam folder MAPEL KELAS VII sebanyak 4 buah Mata pelajaran TIK, IPA, IPS dan MTK
  4. Membuat File teks menggunakan Aplikasi notepad disimpan pada folder TIK diberi nama latihan teks.txt
  5. Membuat File gambar menggunakan Aplikasi Paint disimpan pada folder TIK diberi nama latihan gambar.jpg

5. Mengetahui Aplikasi Bawaan system operasi

pada umumnya setiap system operasi memiliki aplikasi bawaan seperti penampil foto, pemutar music dan video, browser web, kalender, pembaca berita dan cuaca, semuanya adalah aplikasi pelengkap saja, kita dapat mempelajarinya dengan mudah kalau kita pahami ikon – ikon yang ada pada aplikasi tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Loading...