5 printer murah cocok untuk mengerjakan skripsi dan tugas akhir 2018

Assalamualaikum, selamat pagi salam sejahtera bagi kita semua. dewasa ini saya sering sekali ditanya oleh mahasiswa semester akhir dengan pertanyaan, Apa printer yang murah dan bagus untuk mengerjakan skripsi saya?, anehnya tidak satu dua orang yang bertanya demikian kepada saya, saya maklum memang kalau kita sedang mengerjakan tugas akhir rasanya kalau tidak punya printer sendiri akan repot, yah pastinya skrip kita banyak yang revisi dan mengulangi cetak pada halaman - halaman tertentu, bahkan sampai ada yang merombak total.

Oleh karena itu, dewasa ini printer mutlak diperlukan bagi mahasiswa semester akhir yang sudah mulai mengerjakan skirpsi dan tugas akhir mereka, pengalaman kemarin ada teman yang membeli printer murah akan tetapi malah salah membeli printer sehingga banyak kendala yang dihadapi.




berikut 5 printer murah yang recommended banget untuk dibeli saat mengerjakan tugas akhir atau skripsi :

HP DeskJet 2132 All-in-One Printer [F5S41D] 

"Buat kegiatan cetak mencetak harian Anda jadi lebih mudah dengan Printer HP Deskjet 2132. Dengan fitur multifungsi Anda dapat mencetak, meng-copy, dan Scan dokumen dalam satu perangkat Printer yang stylish. Ukuran yang ringkas memudahkan Anda untuk menempatkan Printer di meja kerja tanpa memakan banyak tempat. Dengan HP Photo and Document All-in-One Printer Anda dapat mencetak dokumen dari PC, dokumen dari email, atau cetak halaman Website dengan kualitas profesional. Berkat fungsi Scan dan Copy, Printer ini cocok digunakan di rumah, sekolah, atau mempermanis tampilan meja kantor Anda."

begitulah deksripsi printer ini yang ditulis di sebuah toko online, printe ini lengkap bisa macem macem, fotocopy bisa, scan bisa, cetak hitam bisa, cetak warna bisa, harganya murah lagi cuma Rp. 550.000 saja, tapi saya harap ekspektasi anda jangan terlalu tinggi ya.. kelemahan printer HP 2132 adalah printer ini hanya support kertas A4 saja pada scannernya, jika anada pakai buat fotocopy kertas yang panjangnya lebih dari 30 cm maka hasil fotocopyan pada printer HP 2132 akan terpotong. selain itu untuk nyaman menggunakan printer ini anda haru membeli katrid original yaitu katrid tipe HP 63 atau HP 63 XL harganya sekitar Rp. 280.000;- jadi kalau agan beli sepasang katrid itu harganya sama dengan beli printet baru. tapi jika anda pingin hemat anda dapat mengisi ulang cartrid tersebut kemudiam melakukan reset pada ink level, dan melakukan trouble shoot jika terjadi kedip pada printer. jadi bagi yang gak mau ribet jangan beli printer ini dah, cari yang lebih cocok aja.

baca juga artikel ini:

CANON Pixma IP2870S

"Mencetak dengan printer Canon Pixma IP2870S sangatlah mudah dan menyenangkan. Printer dengan katrid tinta terjangkau ini mampu menghasilkan hasil cetakan berkualitas tinggi. Printer inkjet warna dengan kecepatan cetak standar ISO hingga 8 ipm untuk hitam putih dan 4 ipm untuk warna tentu akan menghemat banyak waktu Anda saat mencetak banyak dokumen. Printer seri Pixma ini sangat ideal digunakan di rumah atau kantor berukuran kecil. Ukuran yang ringkas membuatnya mudah diletakan di ruang atau rak kecil sekalipun. Apa lagi kelebihan printer ini?

Selain hemat tempat dan terjangkau, printer Canon Pixma IP2870S juga hemat listrik. Berkat fitur Auto Power ON, printer ini dapat mendeteksi perintah pencetakan dan secara otomatis bekerja saat ada sinyal perintah dari kabel USB. Jika tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, printer ini bisa menekan konsumsi listriknya ke tingkat paling rendah. Segera dapatkan printer Canon Pixma dan juga katrid original dari Canon di Bhinneka."

memang benar printer ini sangat ringkas karena cuma memiliki satu fungsi, harganya kira - kira sama dengan printer HP 2132 yaitu sekitar Rp. 550.000;- pasti ada pertanyaan kok merek canon lebih mahal ya? padahal tidak bisa buat fotocopy? eit tunggu dulu printer canon kebanyakan dapat tetepa mencetak walaupun tintanya habis, dengan kata lain walaupun pada sistem komputer ada peringatan tinta habis printer canon bisa tetap digunakan ( artikelnya nyusul ya.. ) jadi selama kualitas cetak katrid masih bagus, kita dapat mengisi ulang katrid tersebut dengan tinta yang jauh lebih murah, yah 100 ml biasanya harganya Rp. 37.000. tapi resiko lainnya sama dengan printer HP, yaitu harga katrid yang juga mahal, printer IP2870S ini menggunakan katrid Canon 745 ( hitam ) harganya sekitar Rp. 180.000; dan Canon 746 ( warna ) harganya Rp. 280.000 atau yang Canon 746S ( Warna tipe kecil ) harga cuma Rp. 180.000. jadi kalau yang mau agak ribet dikit, mengisi ulang tinta dengan menyuntik katrid  bisa memilih printer ini.

CANON PIXMA iP2770

"CANON PIXMA iP2770 adalah printer Ink Jet yang mampu menghadirkan kualitas cetakan foto yang mudah, berkualitas profesional, dan tetap terjangkau di rumah Anda. Printer ini menggabungkan kualitas dan kecepatan mencetak warna dan foto yang dapat Anda gunakan sehari-hari di rumah, kapanpun Anda butuhkan. Dengan hasil resolusi cetak mencapai 4800 x 1200 dpi dan Chromalife 100+ Anda akan mendapatkan hasil cetak gambar dan teks yang jelas, tajam, dengan warna yang tahan lama. CANON PIXMA iP2770 dapat digunakan untuk mencetak pada media kertas berukuran A4, Letter, Legal, A5, B5, dan Envelopes. Selain itu printer ini juga dapat mencetak foto secara borderless pada media kertas berukuran hingga A4. Kemampuan dan kelebihan yang dimiliki CANON PIXMA iP2770 tentunya dapat membantu memperindah kualitas dokumentasi pekerjaan Anda, baik di rumah atau di kantor" 

adalah printer legendaris dari canon yang pernah ada, lebih dari 10 tahun printer ini beredar di pasaran indonesia, printer ini murah, jarang trouble, dan tidak rewel kalau di infus atau di isi ulang, katrid awet, penggulung kertas awet akan tetapi baru - baru ini sering saya menerima servis printer IP2770 dikarenakan paperjam, atau kertas nyangkut. padahal masalahnya ada pada sensor kertanya yang putus atau rusak. overall printer ini RECOMENDED banget buat skripsi. dengan catatan katrit tinta biasanya bertahan maksimal 6 bulan pemakaian isi ulang, harus ganti dengan yang baru.

Baca juga artikel ini :
Mengatasi Kertas Macet Pada Printer Canon IP 2770

EPSON L120 


Selanjutnya adalah printer legendaris dari EPSON yaitu Seri L120, harganya adak mahal yaitu sekitar 1.6 jutaan akan tetapi printer ini tidak perlu sunti menyuntik tidak ribet, tintanya tinggal tuang, tangki tidak mudah bocor, kualitas cetak warna dan hitamnya akurat, menurut saya printer ini paling recomended untuk skripsi,  bahkan saya berani merekomendasikan printer ini untuk instansi dan kantor skala kecil. karena minim perawatan dan mudah untuk mengisi ulang tinta tanpa harus keseringan mengisi tinta.

Karena sudah menggunakan infus dari pabrik, maka tinta originalnya juga berupa tinta botolan yaitu tanpa katrid, akan tetapi tinta epson ini agak mahal, harganya bisa tiga kali lipat dari tinta standar yang beredar di pasaran.

Kita dapat membeli tinta epson L120 ini dengan harga 80 - 90 rb / 100 ml. jadi jika kita kehabisan semua tinta kita harus membeli warna merah, kuning, biru dan hitam dengan total budget sekitar 320 rb. dibandingkan dengan tinta standar dye kita hanya cukup membeli 4 botol tinta dengan harga 120 rb saja.

Kabar bahagianya.. printer epson L120 dapat diisi dengan tinta yang tidak original, dengan catatan tinta yang anda beli merupakan tinta DYE Based ( berbasis air ) dan harus encer dan bening, tidak boleh pekat dan kental. hal ini dikarenakan tinta printer semakin kental berarti semakin besar butiran tinta yang mengkristal, dan ini dapat menyebabkan hasil cetak printer L120 tidak sempurna .

Ada sih beberapa kendala jika anda menggunakan printer ini terus menerus. akan tetapi saya bisa pastikan, di 6 bulan sampai 1 tahun pertama anda tidak akan menemui masalah pada printer ini. jika anda menemui masalah pada printer ini anda dapat membaca artike saya berikut :

Mengatasi Lampu Indikator menyala merah pada EPSON L110, L120, L210, L220, L300, L350, L360

Jika anda kurang suka dengan EPSON anda dapat membeli seri canon G1000 atau G2000 harganya sama dan fiturnya juga sama.

Sekian dari saya jika anda suka dengan artikel ini mohon komen dan share ya.. biar saya tahu seberapa besar peran saya dalam menulis.. terimakasih ...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Loading...