Mengatasi lampu indikator tinta nyala Printer Epson L110, L120, L210, L220, L300, L350, L360

Assalamualaikum teman - teman, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman mengatasi printer EPSON L110, L120, L210, L220, L300, L350, L360 yang tiba - tiba tidak dapat digunakan untuk ngeprint.


dari pengalaman yang pernah saya temui ada dua kasus yang sering diterjadi pada printer EPSON L110, L120, L210, L220, L300, L350, L360 diantaranya adalah :

It is nearly time to reset ink levels 

"It is nearly time to reset the ink levels" Adalah kondisi dimana printer EPSON L110 anda mencapai kondisi level tinta rendah alias mendekati 0%, anda pasti bingung padahal pada kondisi aktual pada tangki printer epson masih banyak tetapi indikator tintanya menyala, hal tersebut dikarenakan EEPROM atau media penyimpanan printer mengkonversi jumlah halaman yang telah keluar menjadi faktor pengurang level tinta. 
Sedangkan pastinya anda sudah mengisi ulang tinta printer EPSON L120 akan tetapi masih saja kedip indikator tintanya. hal tersebut dikarenakan setiap anda isi ulang EEPROM printer anda tidak menambahkan prosentase jumlah tinta yang anda isikan. 

Biasanya pada layar monitor anda akan tampil peringatan seperti gambar diatas, lampu indikator tinta kedip dan printer tidak dapat digunakan. untuk mengatasi permasalahan diatas kita dapat melakukan langkah - langkah mereset tinta EPSON L120 sebagai berikut :

  • Tekan tombol indikator tinta selama 10 detik
  • Lepaskan kemudian tekan lagi tombol tersebut
  • Tahan selama 5 detik
  • Lepaskan kemudian tekan lagi tombol tersebut
  • Tahan selama 3 detik
  • kemudian lepaskan
  • Maka printer anda sudah berhasil di reset ink level
  • Tunggu printer cleaning secara otomatis
  • Printer siap digunakan

A printer's Ink pad nearing the end of its service life


Adalah kondisi dimana bantalan tangki pembuangan tinta printer EPSON L120 anda sedang penuh dan membutuhkan perawatan. sama seperti kasus diatas, kondisi aktual dengan status monitor printer epson berbeda. 

kita dapat mengatasi masalah diatas dengan cara sebagai berikut :
1. Membuka bagian tangki pembuangan printer, biasanya ada di bagian belakang bawah, ada sebuah baut yang biasanya di segel.
2. Mengecek busa dan kondisi tangki pembuangan. jika memang penuh bisa di bersihkan atau ganti dengan busa yang baru. perhatikan gambar dibawah ini :


pada gambar tersebut busa masih berwana putih dan hanya sebagian saja yang terisi tinta bekas. oleh karena itu, jika kondisinya masih bagus kita tidak perlu mengganti busa tersebut. kita hanya perlu melakukan proses reset
3. Melakukan RESET WASTE INK PAD printer Epson L120

untuk melakukan reset kalian membutuhkan software berikut :
Kemudian ikuti langkah - langkah berikut :

a. program aplikasi tersebut tidak perlu di install, anda cukup meng-ekstrak, kemudian klik kanan adjprogcracked.exe - run as administrator.

b. Kemudian klik menu SELECT - Pilih jenis printer anda JANGAN SAMPAI SALAH, kemudian klik tombol OK perhatikan gambar berikut :

c. Pilih menu PARTICULAR ADJUSTMENT MODE kemudian klik menu waste ink pad counter, perhatikan gambar dibawah ini : 


d. klik OK, kemudian klik tombol check.
e. kemudian centang main pad counter.
g. Klik tombol Initialization kemudan Finish
h. Matikan printer kemudian nyalakan ulang
i. Printer anda sudah siap di guanakan 






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

comments
Anonim
28 Agustus 2018 10.44 delete

Sudah saya reset printer epson L350, tp lampu tinta masih aja nyala terus tanpa kedip, saya coba cek tinta tank warna hitam tinggal sedikit, saya coba isi penuh tank nya, alhamdulillah lampu mati

Reply
avatar
Anonim
28 Agustus 2018 10.45 delete

Sehat lagi dah printer nya

Reply
avatar
5 September 2018 09.47 delete

mantab gan.. semoga bermanfaat..

Reply
avatar
5 September 2018 09.52 delete

Mantab gan, semoga membantu...

Reply
avatar

Loading...