Modul Materi TIK SMP / MTS kelas 7 Semester Gasal Kurikulum 2013 - BAB 2

BAB II – KOMPONEN KOMPUTER

A. HARDWARE / perangkat keras

adalah perangkat keras komputer yang berupa sebuah bentuk fisik dari komputer itu sendiri, hardware dapat berupa komponen elektonik yang dapat kita sentuh. pada dasarnya hardware diklasifikan seperti gambar berikut :


1. Input Device ( Perangkat Masukan )

perangkat masukana adalah alat yang digunakan manusia untuk memberi perintah ke komputer, alat ini biasaya bias berupa tombol – tombol, sebuah pointer maupun layar sentuh, berikut beberapa contoh dari perangkat masukan  :

a. Keyboard ( Papan ketik )

adalah sebuah papan ketik yang berisi kumpulan huruf angka dan karakter lain yang digunakan untuk memberi masukan kepada komputer.

b. Mouse

adalah alat masukan yang digunakan untuk meggerakkan pointer ( tanda panah ) pada layar komputer, sehingga dengan adanya mouse kita lebih mudah dalam memilih menu – menu yang ada pada layar komputer. bentuk mouse bermacam – macam ada yang terbuat dari track ball, sinar infra merah dan pada perkembangannya mouse sudah disertakan pada komputer jinjing atau laptop, mouse pada laptop ini sering kita kenal dengan touchpad.

c. Scanner ( Pemindai Gambar )

adalah perangkat masukan yang digunakan untuk memindai gambar atau foto, sehingga gambar tersebut dapat dilihat maupun disimpan dalam komputer, scanner ini biasanya digunakan untuk mengarsipkan berkas – berkas lama, sehingga jika berkas yang berupa media kertas hilang atau rusak, kita masih memiliki berkas digital didalam komputer.

d. Microfon 

adalah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa suara ke komputer.

e. Webcam

adalah sebuah kamera yang digunakan untuk mengambil gambar atau video yang secara langsung dapat disimpan di komputer, biasanya webcam digunakan untuk bercakap – cakap melalui internet yang sering kita kenal dengan video call maupun video converence.

f. Pen Tablet / Digitizer

adalah sebuah perangkat masukan yang berfungsi seperti mouse akan tetapi meiliki sensitifitas daya tekan. sehingga dengan menggunakan perangkat ini mempermudah pengguna untuk menggambar garis tebal tipis yang tidak dapat dilakukan dengan sebuah mouse. pen tablet ini biasa digunakan para designer untuk melukis maupun kegiatan desain grafis lainnya.

g. Touchscreen / Layar sentuh

Seiring berkembangnya teknologi, sebuah komputer juga dilengkapi dengan fasilitas layar sentuh, hal ini ditujukan untuk mempermudah pengguna.

h. Barcode Scanner

yaitu perangkat input yang digunakan untuk membaca kode batang pada sebuah benda, barcode scanner biasanya digunakan di supermarket atau pasar swalayan, cara kerja dari barcode ini adalah dengan cara menembakkan sinar inframerah pada bagian produk yang terdapat kode batangnya. 
   

2. Output Device ( Perangkat Keluaran )

a. Monitor

monitor adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menampikan gambar pada sebuah komputer, monitor menalami banyak perkembanga. pada jaman komputer pertama ditemukan monitor hanya dapat menampilkan huruf dalam satu warna, kemudian disusul dengan monitor berwarna yang bentuk fisiknya masih lumayan tebal. monitor ini disebut dengan monitor CRT ( Cathode Ray Tube ). selanjutnya monitor CRT digantikan dengan monitor LCD yang ukurannya lebih tipis, hemat ruang dan hemat daya. LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, pada masa sekarang LCD juga sudah mulai tergantinkan dengan layar LED Display ( Light Emit Diode Display ), yang lebih memberi warna tajam dan cerah. pada masa berikutnya LCD maupun LED akan dapat dilipat, di lengkungkan maupun dapat berupa lembaran seperti kertas.

b. Speaker

Adalah perangkat keluaran yang menghasilkan suara. speaker komputer memiliki fungsi yang saya dengan speaker pada umumnya akan tetapi memiliki daya yang lebih kecil.

c. Printer

Adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data ke media kertas. printer ini dibagi menjadi beberapa jenis yaitu printer dot matriks, printer inkjet dan printer laser. 

d. Plotter / LFP ( Large Format Printer )

adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak pada media yang lebih luas daripada printer, plotter biasa digunakan untuk mencetak foto ukuran jumbo, mencetak baner dan media lain yang berukuran besar.

3. Processing Unit ( Bagian Pemprosesan )

Processing unit adalah perangkat yang terdiri dari beberapa pengkat lain yang saling berkolaborasi untuk mengolah data pada sebuh komputer, baik tidaknya sebuah komputer di pengaruhi oleh komponen – komponen dari processing unit. berikut beberapa komponen penting sebuah Processing Unit :

a. Processor

adalah otak dari sebuah komputer, dimana semua data yang ada di komputer diolah di processor. processor ini terdiri dari ribuan bahkan jutaan transistor yang disusun rapi pada sebuah chip kecil, sebuah pabrik processor menggunakan teknologi nano untuk menyusun jutaan transistor tersebut. processor yang popular saat ini adalah merek Intel dan AMD.
Processor itu sendiri terdiri dari beberapa bagian diantaanya :
  • ALU ( Arithmetic Logic Unit ) merupakan pusat darisegala perhitungan matematis dari sebuah processor, disinilah semua data diproses
  • CU ( Control Unit ) merupakan bagian processor yang berfungsi untu mengatur lalulintas data maupun perhitungan yang dilakukan processor.
  • MU ( Memory Unit ) bagian pendukung dari sebuh processor, dimana perintah – perintah yang sering dikerjakan processor akan disimpan disini, sehingga jika ada perintah yang sama berulang, ALU menyerahkan tugas tersebut ke MU.

b. Motherboard ( Papan Induk )

merupakan perangkat sirkuit utama sebuah komputer, dimana semua perangkat keras komputer di hubungkan dengan motherboard ini. dengan kata lain motherboard adalah perangkat yang digunakan untuk meletakkan komponen – kompenen komputer lain.

c. RAM ( Random Access memory )

adalah sebuah perangkat pemproses berupa media penyimpanan yang bersifat sementara, yang berfungsi untuk menyimpan data atau perintah yang bersifat sementara. jadi jika komputer dimatikan, data yang disimpan pada RAM akan hilang, ram ini memiliki keunggulan dapat diakses secara acak.

d. ROM (  Read Only Memory )

adalah sebuah perangkat pemproses berupa media penyimpanan yang bersifat permanen, ROM biasanya sudah diisi langsung dari pabrik dan tidak dapat di ganti maupun di hapus isinya.

e. VGA Card ( Kartu VGA )

adalah kartu pengolah grafis, kartu ini digunakan untuk memproses data yang berhubungan dengan gambar dan pemodelan 3 Dimensi. seperti game 3D, Desain Arsitektur, membuat film 3D dll.

f. Power Supply 

adalah perangkat yang berfungsi untuk memberikan daya listrik ke semua komponen komputer.

g. Casing komputer

Adalah perangkat yang berfungsi untuk meletakkan semua komponen komputer termasuk motherboard sehingga lebih terlihat menarik, aman dan terhindar dari debu dan binatang. casing komputer biasanya berbentuk kotak, dimana pada casing terdapat tombol untuk menghidupkan komputer.

4. Storage Device ( Perangkat Penyimpanan )

a. Harddisk

adalah sebuah media penyimpanan yang menggunkan piringan magnet untuk menyimpan data. harddsik merupakan penyimpanan utama pada komputer, harddisk merupakan media penyimpanan terbesar, hingga mencapai 6TB atau sekitar 6000GB. pada perkembangannya magnetic harddsik akan digantikan dengan SSD ( Solid State Disk )

b. Flashdisk

Adalah mesia penyimpanan yang berukuran kecil biasa disebut dengan removable device, atau perangkat yang dapat di ambil da di colokkan lagi ke komputer lain, flash disk memiliki ukuran kecil sebesar ibu jari saja, kapasitas harddisk saat ini yang terbesar adalah 128 GB.

c. CD ROM

CD atau Compact disk adalah piringan kecil yang berbentuk mengkilat seperti cermin, CD ini biasa diguanakan untuk menyimpan data music dan video. kapasitas penyimpanan sebuah piringan CD hanya sekitar 700MB atau sekitar 0.7 GB saja

d. DVD ROM

DVD atau Digital Video Disk memiliki bentuk dan ukuran fisik yang sama dengan CD akan tetapi DVD memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan CD. kapasitas DVD adalah 4.7 GB dan 8 GB untuk yang dual layer.

e. Blue Ray Disk

adalah media penyimpanan yang berbentuk menyerupai CD dan DVD akan tetapi meliki kapasitas yang lebih besar yaitu sampai 25 GB per lapisan sehingga Blue Ray disk yang memiliki dua lapis data dapat menyimpan 50 GB dalam satu keeping.

f. Disket

adalah media penyimpanan pertama yang dapat dibawa kemana – mana, disket berukuran tipis dan lebar seukuran saku. disket ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1.44 MB

g. Memory Card

adalah media penyimpanan seukuran kuku, yang memiliki kapasitas seukuran dengan flashdisk. memory card ini banyak digunakan pada smartphone dan laptop. jenis memory card pun bermacam – macam, seperti SD card, Micro SD, M2 Card dan lain – lain.

untuk file lengkap dengan gambar bisa klik link dibawah ini :
DOWNLOAD MODUL TIK KELAS 7 KURIKULUM 2013 - PART 2

untuk materi sebelumnya dapat dilihat di bawah ini :
DOWNLOAD MODUL TIK KELAS 7 KURIKULUM 2013 - PART 1

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Loading...